Rabu, 02 Januari 2013

Batu Ruby



 
Batu Ruby yg paling terkenal didunia adalah dari Birma, yg mana sekarang disebut Myanmar. Dimana Batu Ruby dari tambang Myanmar adalah lebih tua dari sejarah yaitu jaman batu. Selain Batu Ruby Birma, dikenal pula Ruby madagaskar, dan Ruby Afrika. Akan tetapi kualitas dan keindahan Ruby yg berasal dari Madagaskar dan Afrika masih dibawah Ruby yg berasal dari Birma.
Batu Ruby atau Mirah delima. Merah Delima adalah batu permata berwarna merah yang dapat bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida). Warnanya terutama disebabkan oleh kromium. Namanya berasal dari buah delima yang isinya bewarna merah. Rubi alami sangat jarang, tapi rubi buatan dapat difabrikasi dengan cukup murah. Rubi dianggap merupakan salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan.

Berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai batu rubi ini:
Sampai hari ini, batu rubi yang bagus telah menjadi batu yang paling langka dan bahkan lebih berharga daripada berlian yang berkualitas.
Semua batu korundum yang beraneka ragam warnanya kecuali merah disebut sebagai safir.
Rubi dianggap sebagai salah satu dari empat batu paling berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan.
Hanya satu batu permata lain yang lebih keras dari batu rubi, yaitu intan.
Banyak batu rubi yang sebenarnya bukan rubi tetapi tetap saja disebut ruby. Salah satu contoh adalah balas ruby (sebenarnya adalah batu jenis spinel), ruby Siberia (adalah batu turmalin merah atau merah muda), si Bohemian ruby (adalah batu kuarsa mawar), Cape ruby, American ruby, Rocky Mountain ruby dan Montana rubi (mereka sebenarnya adalah batu garnet).
Hampir semua batu rubi yang ditemukan terdapat cacatnya, mereka dipanaskan atau diolah kembali untuk meningkatkan warna dan kekuatan batu tersebut. Coating digunakan untuk menutupi permukaan yang rusak namun coating akan luntur pada waktunya. Kadang bahan pewarna juga digunakan untuk memaksimalkan warna dari batu rubi ini.
Batu rubi terbesar di dunia dimiliki oleh sebuah perusahaan perhiasan Cina. Batu beratnya 8.184 g (40.920 Carat) dan ukuran 5,43 x 5,11 x 5,70 inci.
Pejabat penting peringkat tinggi pemerintah Cina diberikan rubi, karena mereka dipercaya dapat memberikan bimbingan dan pengajaran.
Yang selama ini dipercaya bahwa batu besar "Ruby" yang terdapat di mahkota kerajaan Inggris itu ternyata sebenarnya adalah batu spinel merah.
Dalam Alkitab, batu ruby adalah batu yang paling umum disebut sebagai batu berharga.
Rubi sintetis pertama dibuat oleh Gaudin pada tahun 1837. Ia menggabungkan tawas kalium dengan sedikit kromium, pada suhu tinggi, untuk membuat permata.

Sumber: 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komen yang lainnya juga ya...