Kamis, 21 Juni 2012

Kegunaan Senyawa Nitril

Acrylonitrile merupakan salah satu produk kimia yang cukup luas pemanfaatannya bagi kebutuhan umat manusia, penggunaan acrylonitrile yang paling utama adalah untuk acrylic fibers selain itu pemanfaatan produk ini juga untuk produksi plastik seperti acrylonitrile-butadiene-styrene (ABS) and styrene acrylonitrile (SAN). Pemanfaatan ABS adalah untuk pipa dan pelengkapnya, perlengkapan otomotif dan peralatannya. Sementara SAN banyak digunakan pada peralatan dan perlengkapan rumah semacam gantungan, wadah es, dan peralatan lainnya. Fungsi lain dari acrylonitrile adalah dalam produksi nitrile rubbers dan nitrile barrier resin, dimana nitrile rubbers digunakan pada bidang keteknikkan dan proses industri karena sifatnya yang memiliki daya tahan terhadap bahan kimia, minyak, pelarut, panas dan abrasi, sedangkan nitrile barrier resin banyak digunakan pada industri makanan, kosmetik, minuman serta pengemasan bahan kimia lainnya. Penggunaaan acrylonitrile yang lain adalah untuk bahan adiponitrile yang merupakan bahan antara industri nilon dan acrylamide.

http://membagiilmutekim-meirina.blogspot.com/2011/05/acrylonitrile.html
 

3 komentar:

  1. apa yang menyebabkan nitrile rubbers tahan terhadap minyak, pelarut, panas dan abrasi?

    yang tau bagi infonya dong..

    BalasHapus
  2. nitrile rubbers ya, kalau tidak keliru ini adalah semacam karet begitu? hmm saya punya artikel terkaitnya, belum sempat saya baca, semoga ada ulasan dan membantu masalah saudara di dalam nya
    http://sahabatrubberindustries.blogspot.com/2010/08/nitrile-butadiene-rubber-nbr.html

    BalasHapus
  3. ( NBR )
    Copolymer dari butadiene dan acrylonitrile yang pembuatannya mirip SBR dengan polimerisasi emulsi. Kandunagn acrylonitrile dari copolymer mungkin bervariasidari 20 sampai 50% tergantung pada sifat yang diinginkan. Ketahanan pada hidrokarbon,pelarut, abrasi, dan penyerapan gas meningkat dengan meningkatnya kandungan nitrile.Penurunan jumlah prosentase nitrile meningkatkan sifat temperature rendah dan ketahanan.NBR tahan terhadap minyak, pelarut, air, garam, campuran alifatik, sabun dan sebagian besarmakanan. NBR berguna untuk pemakaian terus menerus sampai 120 C di udara dan mencapai150 C dalam minyak.

    http://www.scribd.com/doc/97601367/Industri-Karet

    BalasHapus

Ditunggu komen yang lainnya juga ya...