Sabtu, 04 Agustus 2012

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang??
Siapa yang tidak tau buah yang kaya manfaat ini?. Mudah didapat dan sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Di mana-mana, di banyak tempat, kita bisa mendapatkan pisang dengan sangat mudah. Di dalam buah pisang terkandung di dalamnya 3 gula alami sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Di samping memiliki kandungan gula alami buah pisang juga memiliki banyak kandungan serat. Manfaat serat tentu saja anda semua tahu, sangat baik untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh.
Orang mengenal pisang sebagai buah yang dihidangkan sebagai penutup makan, sekaligus pencuci mulut karena khasiatnya yang mampu menghilangkan bau mulut.

Adapun kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang adalah sebagai berikut :
    1. Sodium 1 mg
    2. Kalori 99 mg
    3. Fosfor 2,8 mg
    4. Karbohidrat 25,8 mg
    5. Vitamin A 44 mg, Vit B, B6-B12, C 3 mg, dan air 72.
    6. Protein 1,2 mg
    7. Lemak 0.2 mg
    8. Kalsium 8 mg
    9. Besi 28 mg
    10.Serat 0,7 mg
Buah Pisang Sebagai Masker Pelembut Kulit
 Buatlah bubur pisang lalu Campurlah bubur pisang tadi dengan madu dan susu.
 Aduklah campuran tersebut hingga benar-benar merata.
 Setelah merata oleskan pada wajah anda
 Biarkan selama 30 menit.
 Kemudian bilas dengan air hangat. Lalu bilas lagi dengan air dingin.
Lakukan hal itu secara teratur setiap hari, maka dalam waktu kurang lebih 15 hari kulit anda akan telihat lebih halus dan bersih.
Tanaman pisang secara genetis dapat menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif untuk pertahanan anak dari serangan penyakit. Para peneliti sedang mencoba dari pisang untuk memproduksi antigen untuk coating virus Hepatitis B. Apabila vaksin Hepatitis B berhasil akan menjadi sangat murah.

Peneliti lain mengembangkan pisang yang dapat membantu dalam melawan penyakit campak atau cacar air, penyakit kuning, dan polio. Saat ini, peneliti telah mencoba pada relawan, di mana diperlihatkan 10 persen tekanan darah turun dengan mengonsumsi dua buah pisang setiap hari.

Pisang juga manjur untuk meredakan orang depresi. Orang yang mengalami depresi, banyak yang terbantu setelah mengkonsumsi buah pisang. Mal ini disebabkan kandungan tryptphan, sejenis protein yang diatur tubuh menjadi serotonin, yang diketahui dapat membawa efek relax, menambah suasana hati pada umumnya menjadi lebih baik.

Pisang juga memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, dan jika Anda menderita sakit pada jantung, coba untuk makan pisang untuk meringankan rasa sakit tersebut. Makan buah pisang setelah sarapan membantu kadar gula untuk mengurangi rasa sakit atau pegal-pegal sewaktu bangun pagi.
Sebelum menggunakan krim oles anti gigitan serangga, coba olesi bagian yang terkena gigitan tersebut dengan bagian dalam kulit pisang. Banyak ditemukan orang yang sukses mengurangi pembengkakan dan iritasi pada bagian kulit yang telah digigit oleh serangga. Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem urat syaraf.

Pisang digunakan sebagai makan diet mencegah gangguan pencernaan dikarenakan lembut/tekstur dari buah pisang. Hanya buah mentah inilah yang dapat langsung dapat dimakan tanpa harus susah-susah mengolah. Dan juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut.

Buah pisang juga dapat membantu orang yang akan berhenti merokok, karena kandungan vitamin B6, B12, kandungan potasium dan magnesium membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat zat nikotin. Potasium merupakan mineral penting yang dapat menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh.

Saat kita sedang mengalami stres atau gangguan pikiran yang dapat mengakibatkan gangguan badan, tingkat metabolisme menjadi naik, dan karenanya terjadi pengurangan kadar potasium. Ini dapat dikendalikan dengan makanan ringan dari pisang yang kaya dengan kadar potasiumnya.

Stroke adalah sejenis penyakit yang diakibatkan kehilangan fungsi dari anggota atau bagian lain tubuh saat aliran oksigen dlm darah menuju otak terganggu. Menurut penelitian 'Jurnal Medis di New England', memakan buah pisang adalah bagian dari program diet yang dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke.

Nah! ternyata sangat banyak manfaat buah pisang. Semoga teman-teman semakin rajin dan senang makan pisang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komen yang lainnya juga ya...