Kamis, 01 November 2012

Alkohol

Singgah sebentar yukk!!


Kita lihat sekilas tentang Alkohol, sambil mengingat kembali membongkar berangkas memori yang ada di otak, sekalian merefresh kembali otak yang mungkin sudah berkarat. Yukk!!! Let’s  go!

Alkohol adalah senyawa seperti air yang satu hidrogennya diganti oleh rantai atau cincin hidrokarbon. Dalam kimia, alkohol (atau alkanol) adalah istilah yang umum untuk senyawa organik apa pun yang memiliki gugus hidroksil (-OH) yang terikat pada atom karbon, yang ia sendiri terikat pada atom hidrogen dan/atau atom karbon lain.
Gugus fungsional alkohol adalah gugus hidroksil yang terikat pada karbon hibridisasi sp3.
Ada tiga jenis utama alkohol - 'primer', 'sekunder, dan 'tersier'. Nama-nama ini merujuk pada jumlah karbon yang terikat pada karbon C-OH. Alkohol primer paling sederhana adalah metanol. Alkohol sekunder yang paling sederhana adalah 2-propanol, dan alkohol tersier paling sederhana adalah 2-metil-2-propanol.

Sifat fisika alkohol :
TD alkohol > TD alkena dengan jumlah unsur C yang sama (etanol = 78oC, etena = -88,6oC)
Umumnya membentuk ikatan hidrogen
Berat jenis alkohol > BJ alkena
Alkohol rantai pendek (metanol, etanol) larut dalam air (=polar)
Struktur Alkohol : R – OH
R-CH2-OH               (R)2CH-OH                     (R)3C-OH
Primer                      sekunder                          tersier

Pembuatan alkohol :
Oksi mercurasi – demercurasi
Hidroborasi – oksidasi
Sintesis Grignard,dan
Hidrolisis alkil halida.

Penggunaan alkohol :
Metanol : pelarut, antifreeze radiator mobil, sintesis formaldehid, metilamina, metilklorida, metilsalisilat, dll
Etanol : minuman beralkohol, larutan 70 % sebagai antiseptik, sebagai pengawet, dan sintesis eter, koloroform, dll.

Kebanyakan alkohol alifatik digunakan di laboratorium, klinik, dan industri. Isoprofil alkohol, cairan tak berwarna, hampir tak  berbau (td 82C), adalah alkohol gosok untuk keperluan pijat dan menurunkan suhu demam. Juga digunakan sebagai pelarut minyak wangi, krim, lotion, dan kosmetik lain.

Etilena glikol (td 197C) adalah senyawa utama antibeku. Keuntungannya dibanding cairan bertitik didih tinggi lainnya ialah kelarutannya dalam air dan rendahnya titik beku (-17,4C). Jika air dicampur dengan etilen glikol, campuran membeku pada suhu lebih rendah lagi. Larutan etilen glikol (50% v/v) membeku pada suhu -36C.

Gliserol adalah cairan kental manis dan larut air. Digunakan sebagai pelumas dalam obat wasir dan pelembab dalam kosmetik, makanan, dan obat-obatan. Gliserol juga merupakan komponen penting dalam minyak dan lemak.

Etil alkohol adalah alkohol terpenting dengan titik didih 78,5C. Etil alkohol digunakan dalam minuman. Etil alkohol tidak berasa dan tidak berbau. Etil alkohol kebanyakan dihasilkan dari fermentasi pati jagung dan gula tebu. Merupakan bahan kimia industri yang murah. Sebagai obat perangsang tidur atau bersifat hipnotik.

Ini dia yang kudu wajib di baca!

Bahaya mengkonsumsi alkohol terlalu banyak berakibat buruk pada tubuh. Di antaranya, membuat kepala pusing dan ingin muntah, merasa letih, dan mengubah penampilan kita keesokan harinya.
Dalam jangka panjang, alkohol meningkatkan risiko berbagai penyakit termasuk kanker payudara, kanker mulut, penyakit jantung, stroke, dan penyakit hati yang kronis. Riset menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam tingkat tinggi juga akan merusak kesehatan mental, melemahkan daya ingat, dan menurunkan kesuburan.
Lalu apa saja dampak lain alkohol terhadap tubuh kita? Sejumlah studi mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah moderat dapat membantu mencegah serangan jantung dengan meningkatnya kolesterol baik serta menghentikan gumpalan darah di dalam arteri (pembuluh darah utama).
Namun meminum lebih dari tiga gelas alkohol setiap hari berdampak langsung dan merusak fungsi hati. Menenggak alkohol dalam jumlah banyak, apalagi terus-menerus, akan memicu tekanan darah, kerusakan hati, dan stroke. Konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi juga meningkatkan kadar lemak dalam sirkulasi darah di tubuh.
Hubungan antara alkohol dan kanker sudah lama diketahui, ungkap lembaga riset kanker Cancer Research di Inggris. Sebuah studi yang dipublikasi di British Medical Journal (BMJ) tahun ini menyatakan konsumsi alkohol telah menyebabkan sedikitnya 13 ribu kasus kanker per tahun di Inggris, yakni 9.000 kasus pada pria dan 4.000 kasus pada wanita.
Para ahli di bidang kanker mengatakan setiap kenaikan 10 gram alkohol per hari menyebabkan peningkatan risiko kanker payudara sebesar 7-12 persen. Untuk kanker usus, studi sebelumnya menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi alkohol sebanyak 100 gram per minggu akan meningkatkan risiko terkena kanker usus sebesar 19 persen.

Studi terbaru yang dilaporkan di jurnal BioMed Central’s Immunology mengungkapkan bahwa alkohol merusak kemampuan tubuh untuk melawan penyebaran cepat berbagai infeksi. Sedangkan studi mengenai fertilitas menyatakan bahwa meski wanita mengkonsumi alkohol dalam jumlah sedikit, hal itu tetap mempengaruhi peluang untuk hamil. Sementara konsumsi alkohol dalam jumlah banyak pada pria menyebabkan kualitas dan kuantitas sperma yang dimilikinya menjadi rendah.
Buruknya dampak alkohol pada tubuh kita dapat menyebabkan terjadinya acetaldehyde--produk alkohol yang dipecah di dalam tubuh. Acetaldehyde ini beracun dan diketahui merusak DNA.
Dr. K.J Patel, dari laboratorium biologi molekuler di Medical Research Council di Cambridge, melengkapi hasil penelitian terdahulu dengan melihat efek beracun dari alkohol pada tikus. Penelitian dia menunjukkan bahwa kebiasaan minum alkohol dalam jumlah banyak selama kehamilan cukup untuk menyebabkan kerusakan permanen pada genom bayi. Foetal alcohol syndrome, kata dia, “Dapat melahirkan anak-anak yang cacat parah, lahir dengan kelainan kepala dan wajah serta cacat mental.”

Sumber:

Wilbraham, Aantony C & Michael S. Matta. 1992. Pengantar Kimia Organik dan Hayati. Bandung: ITB

1 komentar:

  1. ah nggak juga tuh, gue minum sejak SMP ampe karang kok kaga kerasa apa-apa... tapi kalo di baca-baca lagi artikelnya jadi ngeri..!!

    makasih informasinya

    BalasHapus

Ditunggu komen yang lainnya juga ya...